Makanan Untuk Penderita Anemia

Zat besi atau iron mempunyai fungsi didalam tubuh antara lain sebagai media transportasi bagi oksigen dari paru-paru ke berbagai jaringan tubuh serta juga berfungsi sebagai katalis dalam proses perpindahan energi didalam sel.

Secara alamiah zat besi diperoleh dari makanan sehari-hari. Zat besi banyak terkandung didalam produk hewani terutama daging merah, telur serta ikan. Zat besi juga terkandung didalm bahan makanan nabati seperti jenis kacang-kacangan (kacang kedelai dan kacang hijau) berbagai jenis sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan. Penyerapan zat besi dari bahan makanan hewani dapat mencapai 10-20% sedangkan nabati hanya 1-2%, Kekurangan zat besi dapat menimbulkan penyakit anemia atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan penyakit kurang darah.

Tanda-tanda kekurangan zat besi antara lainb pucat, lemah, lesu, pusing dan penglihatan sering berkunang-kunang. Pada pemeriksaan kadar Hb dalam darah maka angka Hb akan kurang dari normal. Kebutuhan zat besi relatif lebih tinggi pada Ibu hamil, Ibu menyusui, dan perempuan usia subur.

Pada wanita yang sedang hamil kekurangan zat besi akan menambah resiko mendapatkan bayi yang serat badannta rendah, resiko pendarahan sebelum dan pada saat persalinan, bahkan kematian ibu dan bayi dapat dialamibila ibu hamil menderita anemia berat. Kekurangan zat besi  didalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif antara lain berkurangnya kekebalan tubuh, menurunnya daya konsentrasi, menurunnya daya ingat, menurunnya performa belajar, mudah marah, kurang nafsu makan, dan menurunnya kebugaran tubuh. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak sampai orang dewasa.

Anemia atau kurang darah dapat diatasi dengan minum tablet dan suplemen iron. Pada beberapa orang yang mengonsumsi iron dapat menimbulkan efek samping seperti mual, nyeri lambung, muntah, terkadang ada yang disertai dengan diare, dan sulit buang air besar. Untuk menghindarkan efek saming konsumsilah tablet atau supelemen iron pada malam hari. Konsumsilah tablet atau supelemen iron dengan segelas air masak agar penyerapannya dapat maksimal. Jangan kaget apabila setelah mengonsumsi tablet atau suplemen iron warna kotoran atau feses menjadi hitam.

Sebaiknya pastikan dahulu pada ahli kesehatan apakah anda benar-benar membutuhkan supelemen iron sebelum anda mengonsumsinya karena gejala penyakit anemia kekurangan zat besi hampir sama dengan bebarapa penyakit lainnya.


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Anemia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>